Selasa, 08 Januari 2019

ASET P2M KORDES X DESA TARABAN


ASET P2M IDIA PRENDUAN KORDES X DESA TARABAN

Larangan, (01/18)  pembuatan keripik tomat (kripto), kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 1 Desember 2018 bertempat di rumah bapak kepala desa Taraban, kegiatan ini hanya dihadiri dan dilakukan oleh peserta P2M sebagai percobaan awal sebelum melakukan praktek pembuatan bersama ibu-ibu PKK. pada hari Jum’at tanggal 7 Desember 2018 peserta P2M mengadakan demonstrasi pembuatan keripik tomat (kripto) bersama ibu-ibu PKK. Melalui pendampingan yang dilakukan oleh peserta P2M kordes X desa Taraban adalah melalui ”Pembuatan Keripik Tomat (KRIPTO). Kontribusi dari pemberdayaan ini adalah ibu-ibu PKK mampu mengelola dan mengembangkan aset berupa produk kripto yang peserta P2M tinggalkan sebagai peningkatan perekonomian desa.
Keripik tomat adalah keripik yang terbuat dari tomat yang diblender sampai halus dicampur dengan tepung kanji, tepung segitiga, seledri yang diiris halus, daun bawang diiris halus, baking pouder, merica bubuk, mentega, garam gula dicampur menjadi adonan keripik yang kemudian dipipihkan dengan menggunakan alat pemipih (atlas) sebelum dibentuk sesuai selera. Selain memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah, bahan baku yang diperlukan untuk membuat keripik tomat juga mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah. Dan juga keripik tomat memiliki kandungan gizi yang tinggi, yang baik untuk kesehatan mata, kesehatan jantung, memperbaiki kualitas pencernaan, menjaga kesehatan pasien diabetes, menjaga kesehatan kulit, melindungi dari serangan kanker serta kaya akan vitamin C.
Keripik tomat dapat dijadikan alternatif peluang bisnis keluarga. Salah satu industri rumah tangga yang baru memproduksi keripik tomat ini adalah peserta praktik pemberdayaan masyarakat (P2M) yang berlokasikan di desa Taraban kec. Larangan Kab. Pamekasan yang bekerja sama dengan ibu-ibu PKK setempat dan didistributori oleh home industri JIMERTO Pamekasan.
Dengan demikian peserta Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) memiliki peran dalam membantu meningkatkan perekonomian desa dan pembuatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa Taraban. Agar menjadi masyarakat yang lebih baik dari segi perekonomian.

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASET P2M KORDES X DESA TARABAN

ASET P2M IDIA PRENDUAN KORDES X DESA TARABAN Larangan, (01/18)   pembuatan keripik tomat (kripto), kegiatan ini pertama kali dilak...